Pengalaman ikut Sekolah Pasar Modal!

by - 3:28 pm


Sekolah Pasar Modal (pict: pexels.com)


Saham atau stocks terdengar intimidating, untuk orang-orang high class, dan identik dengan resiko tingkat tinggi.  Tapi karena penasaran, aku melakukan beberapa survey yang akhirnya memutuskan untuk join Sekolah Pasar Modal (SPM) yang diadakan sama Indonesia Stock Exchange. Klik link ini untuk visit webnya!


SPM ini ada 2 level:
  • Level 1
Ada pihak sekuritas yang dateng dan sekalian bikin rekening efek dan syaratnya hanya buku tabungan, KTP, dan NPWP (jika ada). Materi-materi lebih umum seputar saham dan pasar modal di Indonesia, investasi di Pasar Modal, struktur pasar modal di Indonesia serta acuan kepemilikan sekuritas (AKSes)
  • Level 2
Nah kalau Level 2 ini lebih advanced (yaiyalaah), berisi penjelasan analisa fundamental dan analisa teknikal. Untuk memilih emiten-emiten, diperlukan analisa-analisa ini.
Kalian bisa memilih salah satu diantara dua level ini, atau langsung mengikuti dua-duanya juga bisa banget. Untuk memulai belajar emang paling enak belajar dari sumbernya langsung, supaya kita ngga gampang dimanipulasi (misal: disuruh bayar beratus-ratus ribu hanya utk pengetahuan yang tersebar luas di internet). Selain dapat materi-materi yang dibawakan langsung oleh ahlinya, aku juga dapet free snack & lunch.

Setelah ikut SPM pun juga ada aktivasi, acaranya diadakan berbeda hari dari SPM. Lama waktunya dari SPM tergantung masing-masing sekuritas juga, kapan akun kita selesai diproses. Acara aktivasi ini dipandu oleh teman-teman dari sekuritas tempat kita membuka akun efek, berisi penjelasan penggunaan aplikasi online trading, beberapa rekomendasi saham (disc: on), dan juga pembelian bersama saham dari dana yang telah ditransfer oleh IDX sebesar 100.000 (iya benar, ini uang awal pendaftaran SPM, tidak berkurang sepeserpun!).

Naah 2 bulan setelahnya aku tiba-tiba dikirim email berisi e-sertifikat yang diterbitkan oleh IDX sendiri. Selain itu, kita juga dikirimi materi-materi SPM Level 1 dan SPM Level 2. Lengkap bangeeeet! Slidenya dikirim langsung ke email kita, jadi kalau lupa bisa baca-baca lagi.

Terakhir, ini acara yang ga akan buat kita rugi. We should give it a try and thanks to IDX for making such a cool event for newbie! Semoga investor-investor retail lokal semakin bertambaah yaaa.
Aku aja sudah punya SID (Single Investor Identification), kamu kapan? Yuk terjun langsung di pasar modal, dan jadi investor retail dimulai dari 100ribu perbulan <3 


You May Also Like

2 comments

  1. Dari dulu ni pengen banget ikut ini. Pengen belajar online trading dsb terkait pasar saham. Sayangnya offline ya Mbak? Saya mesti ke Surabaya dulu ni kalau ikutan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba. Untuk SPM sendiri bisa offline maupun online kok. Offline juga diadakan di berbagai kota di Indonesia. Mba domisili mana kalau boleh tau? :)

      Delete